Sabtu, 01 Januari 2011

Definisi Affiliate

Bagi mereka yang telah lama berkecimpung di dalam bisnis internet pastinya tahu apakah yang dimaksud pemasaran affiliate dan pada cara memainkannya. Namun, bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan secara online tetapi baru saja bergabung bidang ini pastinya mereka kurang pengetahuan tentang arti sebenarnya pemasaran affiliate ini. Pemasaran Afiliasi di saya adalah salah satu bidang yang harus digali sebelumnya oleh setiap newbie sebelum mereka melangkah jauh lagi dalam bidang bisnis internet yang lain.

Definisi pemasaran affiliate adalah pemilik situs atau individu (Peserta Affiliate) mempromosikan produk permainan orang lain (Pemilik Produk) untuk mendapatkan komisi. Dalam model bisnis ini, peserta affiliate menghasilkan uang dengan mempromosikan produk yang dimiliki oleh pemilik produk dengan cara menempatkan iklan di situs atau promosi terus.
Cara ini dapat dikatakan 'win-win situation' karena dari sudut peserta affiliate, mereka akan mendapat komisi meskipun tidak memiliki produk yang dipromosikan dan juga tidak perlu memikirkan untuk memberikan dukungan tambahan kepada pembeli produk. Sedangkan dari sudut pemilik produk pula, mereka juga mendapat hasil penjualan dari produk yang mereka keluarkan tanpa perlu melakukan kegiatan promosi yang keras untuk memasarkan produk mereka.
Peserta Affiliate bisa membuat uang dalam pemasaran affiliate dalam 3 cara utama:

    
1. Pay-per-klik. Peserta affiliate mendaftar dengan setiap situs program periklanan untuk mendapatkan kode iklan dengan IDnya. Kemudian peserta affiliate akan meletakkan kode iklan tersebut ke situs miliknya. Dan bila pengunjung website klik atas iklan yang diletakkanya tadi, peserta affiliate tersebut akan mendapat komisi.

    
2. Komisi-per-penjualan. Peserta affiliate akan mendapat komisi untuk setiap penjualan yang terjadi melalui promosi yang dilakukan menggunakan link affiliatenya. Komisi yang ditawarkan sangat lumayan karena biasanya itu adalah dari 50% dari harga jual atau lebih.

    
3. Pay-per-lead. Adalah program yang di anjurkan oleh pemilik produk atau ebook yang akan diberikan gratis. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan email prospek. Peserta affiliate akan mempromosikan ebook gratis ini dan bila ada seseorang yang mendaftarkan emailnya untuk mendapatkan ebook tersebut, peserta affiliate tadi akan mendapat komisi.
Kesimpulannya, Pemasaran Affiliate adalah salah satu cabang bisnis internet yang sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu memilih model program affiliasi yang sesuai dengan Anda, Promosikan link affiliate Anda di manapun secara online Berikutnya Anda akan dibayar. Elemen yang paling penting untuk mendapatkan komisi adalah: -
1. Promosi
2. Target Pasar
3.
Kesungguhan
Kepada seseorang yang newbie, pastinya agak suasah untuk menghasilkan penjualan melalui affiliate ini. Sebab itulah fokus ke 3 elemen di atas sehingga berhasil dan saya percaya, pastinya pengalaman mendapat komisi atau penjualan pertama kali akamn membuat perasaan senang tak terlupakan .:)

Tidak ada komentar: